3 Macam Teknologi Pengolahan

Dalam teknologi pangan kita mengenal adanya teknologi pengolahan. Disini saya ingin memberitahu kepada kalian apa saja jenis dari teknologi pengolahan itu. Teknologi pengolahan yang kita pelajari dalam sebuah fakultas teknologi pangan ada 3 jenis, yaitu:

ü  Secara Fisik >> Pada prosesnya, teknologi pengolahan secara fisik dapat kita lihat dengan mata telanjang. Kenapa bisa dilihat? Karena secara fisik ini pengolahannya menggunakan peralatan dan dalam prosesnya dapat kita lihat. Salah satu contoh proses fisika (pabrik besar) yaitu pembuatan tepung tapioka.


ü  Secara Kimia >> Pada prosesnya teknologi pengolahan secara kimia tidak dapat kita lihat dengan menggunakan mata telanjang. Kenapa demikian? Karena proses pengolahan secara kimia yang menjadi pabrik atau alatnya adalah bahan itu sendiri. Salah satu contohnya yaitu pembuatan fruktosa untuk sirup.

ü  Kombinasi Fisik dengan Kimia >> Pada prosesnya, menggunakan 2 cara sekaligus yaitu dengan fisik dan kimia. Salah satu contoh proses kombinasi antara fisik dengan kimia  adalah homogenaizer pada susu UHT. Homogenasi adalah suatu perlakuan untuk menyeragamkan ukuran globula lemak yang semula bervariasi dari 4-8 mikron menjadi 2 mikron. Tujuannya untuk menghindari pemecahan lemak dan terbentuknya lapisan krim (creaming) bila susu didiamkan. Prinsip kerja homogenizer adalah dengan mengalirkan susu melalui celah yang sempit dengan kecepatan tinggi dan tekanan yang besar sehingga terjadi tumbukan antara globula lemak dengan katup penghalang dalam homogenizer yang menyebabkan globula-globula lemak pecah. Tenaga hidrodinamik dari pemotongan, kavitasi dan turbulensi yang terjadi dalam katup homogenisasi diduga sebagai penyebab terjadinya pemecahan globula lemak.

Nah itu semua adalah macam macam teknologi pengolahan, sekarang kalian semua sudah tahu kan?😎 Semoga Bermanfaat!

Komentar

Postingan Populer