Generasi dalam Teknologi Pangan



Gambar terkait


Tahukah kamu dalam teknologi pangan ada berapa generasi? Apa saja macam macam generasi tersebut? Dan saat ini kita berada dalam generasi ke berapa dalam teknologi pangan? Ya, saat ini kita berada dalam generasi ke 3, yaitu Pengolahan. Dalam teknologi pangan, kita mengenal adanya 3 generasi, yaitu: Pembibitan, Pembudidayaan, dan yang terakhir adalah Pengolahan. Generasi ke-3 adalah generasi kita saat ini, pada generasi ketiga ini telah mencakup kedua generasi sebelumnya. Berikut penjelasan dari generasi 1-3:

Ø  Generasi 1 “Pembibitan”, merupakan generasi pertama dalam teknologi pangan. Dalam pembibitan ini terdiri atas 2 macam, yaitu: onside dan offside. Onside merupakan pengembangan dilakukan di dalam area perkebunan atau pertanian itu sendiri sedangkan offside merupakan pengembangan dilakukan di luar area perkebunan atau pertanian itu sendiri. Contoh dari pembibitan yaitu:
§  Stek
§  Cangkok
§ Okulasi (Disisipkan, contohnya 1 pohon disisipkan pohon yang lain untuk mendapatkan jenis pohon yang diinginkan)
§  Genetika (Contohnya GMO (Genetic Manufactur Organism) / transgenic pada bibit kapas. Bibit kapas dapat tumbuh tanpa disukai hama dengan disisipkan kelompok bakteri turingensis, bakteri ini dapat menyebabkan penyakit pada hama dan menyebabkan bakteri hama tersebut mati, sehingga tanaman kapas tidak disukai hama.)

Ø  Generasi 2 “Pembudidayaan”, merupakan generasi kedua dalam teknologi pangan. Dalam pembudidayaan ini terdiri atas 4 proses, yaitu:
§  Pengolahan Tanah (Tanah yang digunakan tidak langsung dapat ditumbuhi karena tanah tersebut bersifat asam, oleh karena itu tanah harus diubah sifatnya menjadi basa terlebih dahulu dengan cara dibakar, pembakaran tanah ini bisa dengan cara membakar rumput/tumbuhan diatasnya, saat tanah dibakar, maka zat asam dalam tanah akan terangkat bersama dengan asap sehingga hanya tersisa zat basa. Setelah itu, tanah baru bisa dipacul dan kemudian ditanami)
§  Pengairan (Dalam hal ini, lahan diairi dengan air yang ada disekitar lahan tersebut)
§  Penanaman (Saat penanaman, bibit tidak bisa ditanami secara asal. Penanaman harus diatur letaknya dan kemudian bila perlu diberi pupuk agar tanaman subur)
§  Panen (Ini adalah tahap terakhir dalam pembudidayaan, tanaman yang telah siap akan dipanen)

Ø  Generasi 3 “Pengolahan” merupakan generasi ketiga dalam teknologi pangan. Generasi ketiga ini adalah generasi kita saat ini. Dalam generasi ini ada 2 ilmu yang harus kita kuasai, yaitu proses (pemanasan, penggorengan, pendinginan, pemotongan, perendaman, ekstraksi, evaporasi, dan masih banyak lagi) dan manajemen (ilmu informatika, contohnya penggunaan CAM (Computer Assisted Manufacturing) pada pencucian pisang, dalam hal ini pencucian pisang akan berjalan dengan mekanisme computer)

Semua generasi ini akan berakhir pada pemasaran. Pemasaran adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan / masyarakat umum.


Komentar

Postingan Populer